Andi Adawiah: Tempatkan Guru Sesuai Domisilinya Agar Fokus dan Bahagia Dalam Mengajar

Andi Adawiah: Tempatkan Guru Sesuai Domisilinya Agar Fokus dan Bahagia Dalam Mengajar

Jumat, 18 Oktober 2024



Soppeng- Globaltopinfo.com
Pendidikan menjadi salah satu fokus utama Dr.Andi Adawiah, Calon Wakil Bupati Soppeng. Meski berbagai program unggulan telah disiapkan olehnya, namun konsentrasi utamanya ada pada guru yang mengajar di sekolah. Menurutnya kemajuan pendidikan bukan hanya ditentukan oleh  bangunan sekolah atau lengkapnya alat pembelajaran, namun yang terpenting adalah guru yang mampu mengajar dengan fokus dan gembira.

"Meski sekolah sudah bagus dan peralatan lengkap namun jika guru masih terbelit masalah kesejahteraan, kompetensi, dan kenyamanan dalam bekerja, maka rasanya agak sulit menghadirkan kebahagiaan bagi murid di sekolah" Terang Dr.Andi Adawiah yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Soppeng 2013-2018.

Dia yakin bila guru nyaman dan aman dalam bekerja maka guru akan fokus dan gembira dalam mengajar murid yang tentunya meningkatkan kebahagiaan murid dalam belajar. Oleh karenanya, penempatan guru menjadi salah satu pekerjaan yang akan dia tuntaskan di awal pemerintahannya.

"Jika amanah itu kami dapatkan, konsentrasi awal kami tentu pada penempatan guru, menempatkan guru sesuai dengan domisilinya atau terdekat dengan domisilinya, untuk membereskan ini itu tidak butuh APBD sepeserpun tapi dampaknya sangat signifikan bagi guru itu sendiri, guru akan fokus dan gembira mengajar, sehingga kualitas pendidikan akan meningkat" turur rektor Universitas Lamappapoleonro ini.

Komitmen Calon Wakil Bupati ini disambut antusias oleh beberapa guru yang dimintai tanggapannya. "Banyak guru yang lokasi mengajarnya jauh dari rumah, jadi beban tersendiri bagi kami, jelas fokus mengajar jadi menurun karena sudah lelah di jalan, jadi kami apresiasi komitmen Ibu Calon Wakil Bupati karena memang itulah yang kami hadapi saat ini." Jelas NS salah satu guru yang tidak ingin disebut namanya.

Andi Adawiah menegaskan, Tidak butuh waktu lama, cukup satu bulan saya kerjakan, semua guru yang mengajar di sekolah yang jauh bisa mengajar di sekolah tedekat dengan tempat tinggalnya" tutup Dr.Andi Adawiah saat ditanya jangka waktu yang dibutuhkan untuk merampungkan hal tersebut.